Beijing Guon Datangkan Bakambu Sebagai Pemain Afrika Termahal


Striker Villarreal, Cedric Bakambu, akan menjadi pesepak bola Afrika termahal sepanjang masa jika pindah ke China. Rekor tersebut dihitung bila nilai transfer dijumlahkan dengan pajak yang harus dibayar. Villarreal telah mencapai kesepakatan dengan klub Liga Super China, Beijing Guoan menebus klausul pelepasan pemain internasional Kongo tersebut. Selain menebus kontrak senilai 40 juta euro (sekitar Rp 639,517 miliar), klub Tiongok itu juga harus membayar pajak sebesar 34 juta euro (sekitar Rp 543,531 miliar) sehingga total nlai transfer Bakambu mencapai 74 juta euro.

Kepastian tersebut disampaikan langsung pelatih The Yellow Submarine, Javier Calleja seperti dilansir Footbal Espana.

“Kesepakatan dengan Cerdric [Bakambu] sudah selesai dan akan diumumkan secara resmi beberapa jam lagi,” ujar Calleja.

“Klausul pembelian telah diaktifkan dalam kesepakatan meski sebenarnya kami tak ingin menjualnya. Kami tak berdaya untuk menghentikan kesepakatan tersebut.”

Pemain 26 tahun tersebut pun dikabarkan telah tiba di Beijing untuk menjalani tes medis dan menyelesaikan tanda tangan kontrak yang akan menjadikannya sebagai pemain Afrika dengan rekor transfer termahal. Sebelumnya Bakambu juga sempat menarik klub Premier League  seperti Tottenham, Newcastle, West Brom maupun West Ham. Namun, mereka mundur perlahan seiring tingginya gaji sang pemain.

Bakambu akan menerima gaji yang terbilang besar di klub China tersebut diperkirakan mencapai £307,000 per pekan. Pemain yang sudah mencetak 14 gol bagi Si Kapal Selam Kuning sepanjang musim 2017-2018 ini bakal dibayar 18 juta euro (sekitar Rp 287,751 miliar) per tahun.

Bakumbu melompati nilai transfer dua pemain bintang Afrika lainnya, Mohamed Salah dan Sadio Mane yang sempat memegang transfer tertinggi saat direkrut Liverpool.

Akan tetapi rekor tersebut bisa saja kembali ke Liverpool jika merealisasikan transfer Naby Keita dari RB Leipzig karena klub berjulukan The Reds ini akan menebus pemain Ghana tersebut dengan harga 56 juta euro (sekitar Rp 895,605 miliar).

 

Bakambu lahir di Ivry, Prancis, mengawali karier profesional bersama klub FC Sochaux. Kiprahnya mulai bersinar bersama klub Turki, Bursaspor yang kemudian menebusnya dengan harga 1,8 juta euro pada September 2014. Hanya semusim di klub Liga Turki tersebut, Bakambu pindah ke Villarreal yang menebusnya dengan harga 7,5 juta euro.

Selama berseragam Sochaux, Bakambu mencetak 21 gol dan membuat tiga assist dari 107 pertandingan yang dilakoni klub Prancis tersebut di semua kompetisi. Jumlah gol yang sama (plus tujuh assist) dihasilkannya bersama Bursaspor.

Di Spanyol, performa Bakambu lebih mentereng. Total, dia sudah mencetak 47 gol dan membuat enam assist dari 105 laga yang dilakoni klub La Liga tersebut.


What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Beijing Guon Datangkan Bakambu Sebagai Pemain Afrika Termahal

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format
Bitnami