Edgar Davids Menangkan Gugatan Skin Lucian di Game League Of Legends


Eks gelandang Belanda, Edgar Davids bersama kuasa hukumnya berhasil memenangkan gugatan kepada RIOT Games, salah satu developer sekaligus publsiher game terkemuka di dunia. Mencuatnya kasus ini berawal dari munculnya skin (tampilan) untuk hero “Lucian” di game League of Legends (LOL).

Seperti game MOBA pada umumnya, League of Legends juga menjual beragam skin untuk karakter Champions yang mereka tawarkan. Salah satunya adalah kostum sepakbola untuk karakter mereka – Lucian, The Purifier. Kostum yang disebut dengan “Striker Lucian” tersebut memang menggunakan sepakbola sebagai tema utama, membuat karakter yang satu ini terlihat mirip dengan sosok Edgar Davids.

Di tahun 2014, Davids terkejut hingga mengomentari trailer video promosi League of Legends yang menghadirkan update skin (tampilan karakter) ‘Striker Lucian’ yang sangat mirip dengan dirinya, memiliki rambut gimbal panjang, kacamata pelindung yang identik dengan Davids.

Riot Games, selaku developer tak melihat adanya kesengajaan untuk menggunakan image Davids dan menegaskan kesamaan antara model dan Davids tidak cukup.
Namun, mantan pemain timnas Belanda yang juga memperkuat beberapa klub elite mulai dari Ajax, Milan, Juventus, Inter dan Tottenham kemudian mengaku namanya kerap dikait-kaitkan dengan game League of Legends. Davids pun sudah meminta Riot Games untuk berhenti menggunakan skin tersebut tahun 2015 lalu.

Setelah berdiskusi dengan kuasa hukum, bulan Agustus 2017 Davids melayangkan gugatan yang berlanjut ke persidangan. Di pengadilan pihak RIOT Games tetap mempertahankan argumentasi mereka dan menyebut skin striker Lucia hanya sebagai “kebetulan”. Namun, pembelaan itu justru dijatuhkan sendiri dengan bukti sebuah tweet yang sekarang dihapus oleh mantan karyawan Riot pada tahun 2014: ‘Untuk semua yang Anda pikirkan, Striker Lucian terinspirasi oleh sepak bola pro Edgar Davids.’

Davids kemudian mengirim tweet ‘Terima kasihRT @ GY4TSO @riotgames @LeagueOfLegends Saya pikir @esdavids melihat kemiripannya!’

Pengadilan menyatakan bahwa, “Stiker Lucian sangat mirip dengan mantan pemain sepak bola (Edgar Davids): berkulit gelap, sporty, gayanya yang agresif, rambut gimbal hitam, dan kacamata olahraga. Skin dan gambar Striker Lucian mengingatkan orang pada pemain tersebut. Penilaian ini berdasarkan penggunaan potret dan konteks.”

Dengan begitu, Riot Games berkewajiban membayar kompensasi kepada Edgar Davids.

Berikut kutipan dokumen putusan pengadilan : ‘Pengadilan telah sampai pada kesimpulan bahwa skin harus dianggap sebagai potret. Striker Lucian sangat mirip dengan mantan pemain – kulit gelap, penampilan olahraga, gaya agresif, gimbal hitam dan kacamata olahraga – bahwa kulit dan gambar Striker Lucian mengingatkan orang tentang pemain. Penilaian itu telah mengambil konteks dan tujuan penggunaan potret diperhitungkan.

‘Popularitas pemain yang bisa dipasarkan adalah alasan yang cukup bagi mantan pemain untuk melawan penggunaan potretnya. Minat pemain lebih besar daripada kepentingan komersial permainan untuk menawarkan skin Striker Lucian dan tidak ada kompensasi yang masuk akal yang ditawarkan kepada pemain tersebut. Oleh karena itu, Riot berutang kompensasi kepada pemain .
‘Untuk menentukan tinggi biaya ini, Riot Games harus mengungkapkan berapa uang yang dihasilkan dari penggunaan skin ini. Pengadilan akan mengatur tentang tingginya kompensasi dalam putusan berikutnya. ‘

Davids, 44 tahun, pensiun sebagai profesional pada tahun 2014 setelah tampil sebagai pemain / manajer Barnet dalam 18 bulan terakhir karirnya bermain.
Memulai karirnya bersama Ajax, Davids terus meraih 74 caps Belanda dan memenangkan enam gelar liga dan Liga Champions dalam satu kesempatan.

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Edgar Davids Menangkan Gugatan Skin Lucian di Game League Of Legends

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format
Bitnami