Wayne Rooney: “Saya Ingin Jadi Pelatih Usai Pensiun”


Wayne Rooney akan menjadi “one man club”, legend sejati Everton jika cita-citanya kesampaian. Wayne memang telah mencuatkan hasratnya untuk tetap menggeluti sepakbola usai pensiun sebagai pemain. Wazza menyatakan akan sangat senang jika mendapat kesempatan menjadi pelatih. Striker timnas Inggris ini agaknya menyiratkan dirinya tak ingin jauh dari dunia sepakbola jika telah gantung sepatu.

 

Rooney “mudik” ke Merseyside pada Juli 2017, usai 13 tahun merantau ke Manchester. Jebolan akademi Everton itu meraih puncak kariernya bersama United memenangkan lima gelar Premier League dan satu Liga Champions – plus menjadi top skorer sepanjang masa klub.

Pemain 32 tahun  itu mulai membuat rencana untuk karirnya di masa mendatang.

“Hal utama yang saya inginkan adalah mendalami dunia manajerial,” tuturnya di Telegraph. “Saya akan senang jika bisa bertahan di Everton sebagai staff dan kemudian menjadi manajer suatu hari nanti.”

Rooney mengatakan ia selalu senang menonton dan mencari tahu tentang sisi taktik sebuah pertandingan. Ia juga senang berdiskusi dengan pelatih tentang taktik yang akan digunakan. Jadi, lanjut Rooney, ia lebih peka sisi taktik pertandingan dan ia juga percaya hal ini akan membantu timnya di lapangan.

“Musim depan saya ingin mulai menggelar sesi latihan dengan tim U-14 di Everton. Hal itu bagus untuk memuluskan kursus kepelatihan saya, namun juga sekaligus menjadi peluang untuk karir saya nanti.”

“Saya ingin masuk ke manajemen. Saya sedang berusaha mendapatkan sertifikat kepelatihan saya sekarang dan saya pikir akan sia-sia jika pengetahuan yang saya dapatkan selama bertahun-tahun tidak digunakan,” kata Rooney.

Rooney merasa beruntung pernah bekerjasama dengan beberapa pelatih terhebat di dunia, baik di klub maupun di tim nasional. Tapi menurutnya ada satu pelatih yang lebih bagus dibandingkan pelatih-pelatih lainnya.

“Untuk Inggris, (ketika) dibawah Sven (Goran Eriksson) kami memiliki tim yang bagus. Dia sangat bagus untuk tim. Saya menikmati ketika dilatih oleh Sven, dan ketika dilatih Roy Hodgson. Jelas mereka berakhir mengecewakan di turnamen, tapi di tahapan kualifikasi dan bagaimana tim bermain di bawah Roy, adalah masa terbaik saya di Inggris,” kata Rooney yang telah bermain 119 kali untuk Inggris dan mencetak 53 gol.

Rooney juga memuji Sir Alex Ferguson. Ia melihat Sir Alex figur piawai dalam memahami kondisi pemainnya dan mampu memaksimalkan itu untuk meraih hasil positif di lapangan.

“Saya ingin melakukan itu, terus terlibat, namun jika memang tidak mungkin, saya akan mencari kesempatan lain. Saya amat ingin menjadi manajer,” pungkas Rooney.

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wayne Rooney: “Saya Ingin Jadi Pelatih Usai Pensiun”

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format
Bitnami