3 Hal Yang Harus Diwaspadai Timnas U-23 Jelang Lawan UEA di Babak 16 Besar


Tips juara - 3 hal yang harus diwaspadai timnas U-23 jelang lawan UEA

Timnas Indonesia U-23 berhasil membuktikan diri lolos ke babak 16 besar setelah berhasil mengalahkan timnas Hongkong dengan skor 3-1 di laga terakhir fase Grup A pada ajang Asean Games 2018. Dan Timnas Indonesia U-23 sudah dipastikan akan berhadapan dengan timnas asal Timur Tengah, Uni Emirat Arab (UEA) di babak 16 besar.

UEA sendiri berhasil menempati urutan ke-3 di klasemen akhir grup C dan lolos dengan status sebagai salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik. Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan langsung dengan UEA di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (24/8).

Pelatih timnas Indonesia U-23, Luis Milla Aspas juga harus mewaspai salah satu tim asal Timur Tengah tersebut. Inilah 3 hal yang harus diwaspadai timnas U-23 jelang lawan UEA di babak 16 besar. Apa saja kira-kira hal tersebut, berikut inilah rangkumannya:

Tim Timur Tengah Seringkali Memprovokasi Lawan

Mungkin bagi yang sering mengikuti pertandingan UEA ataupun tim Timur Tengah lainnya sudah mengetahui bahwa tim asal Timur Tengah ini memang seringkali memprovokasi lawan terutama saat timnya sedang mengalami kekalahan. Hal itu terbukti saat laga uji coba timnas UEA U-23 berhadapan dengan timnas Malaysia U-23, pada pertandingan itu pemain UEA sempat terlibat baku hantam dengan pemain dari timnas Malaysia.

Pelatih Malaysia U-23, Ong Kim Swee juga mengungkapkan apa yang terjadi memang tak lepas dari kebiasaan tim-tim asal Timur Tengah yang biasa memprovokasi lawannya di atas lapangan.

“Saya telah bermain beberapa kali dengan negara-negara Timur Tengah dan mereka seakan tidak terima jika kami kalahkan. Ketika mereka kalah, mereka akan mencoba memprovokasi, itulah sikap mereka,” ucap sang pelatih dikutip dari Berita Harian.

Itu membuktikan bahwa tim asuhan Luis Milla harus lebih bisa mengontrol emosinya kala berhadapan dengan timnas UEA Sabtu ini. Apalagi timnas Indonesia U-23 memang terkenal mudah terpancing emosi oleh lawan. Saat sedang berhadapan dengan timnas Hongkong saja, pemain timnas Indonesia harus mendapatkan dua kartu kuning untuk Hansamu Yama dan Stefano Lilipaly akibat terprovokasi lawan hingga melakukan hal yang tak seharusnya dilakukan.

Tergantung Dengan Duo Naturalisasi, Lilipaly dan Beto

3 hal yang harus diwaspadai timnas U-23 jelang lawan UEA (1)

Hal ketergantungan ini memang sudah terlihat dari beberapa laga timnas Indonesia di pertandingan babak penyisihan Grup A. Timnas Indonesia sangat tergantung sekali kepada duo naturalisasi ini yakni Stefano Lilipaly dan Alberto ‘Beto’ Goncalves.

Saat menghadapi Palestina, salah satu dari duo naturalisasi ini tidak diturunkan dan hal itu membuat Indonesia harus menyerah atas Palestina 2-1.

Memang kalau dilihat dari jam terbang, kedua pemain ini memang kemampuannya masih diatas rata-rata dibandingkan dengan pemain lainnya. Mereka berdua juga berhasil mengoleksi tiga gol dari beberapa pertandingan laga di Asean Games 2018.

Tim asuhan Luis Milla juga harus mempersiapkan alternatif jika kedua pemain ini bisa dihentikan oleh pemain belakang dari UEA. Timnas Indonesia juga masih memiliki Irfan Jaya yang juga bisa menjadi salah satu andalan ketika duo naturalisasi itu bisa dihentikan oleh UEA.

UEA Terkenal Dengan Pertahanan Yang Kuat

Jika dilihat dari track record timnas UEA U-23 di Asean Games 2018 ini, mereka hanya baru kemasukan 4 gol dari tiga pertandingan di babak penyisihan Grup C. Catatan tersebut mampu mengalahkan timnas Suriah yang berada di atasnya dan kemasukan lima gol. Itu membuktikan bahwa UEA mempunyai dinding pertahanan yang cukup kokoh. Padahal, Grup C sendiri diisi oleh lawan-lawan yang hebat seperti Cina dan Suriah.

Sedangkan Cina sendiri menjadi tim tersubur di antara tim lainnya dengan berhasil mengoleksi 11 gol ke gawang lawan. Mereka juga berhasil mencetak tiga gol tanpa balas ke gawang Suriah, sedangkan ke gawang UEA mereka hanya berhasil menang dengan skor tipis 2-1.

Itu membuktikan bahwa timnas Indonesia membutuhkan sedikit kreativitas lagi untuk membobol gawang UEA.

 

Facebook Comments


What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

3 Hal Yang Harus Diwaspadai Timnas U-23 Jelang Lawan UEA di Babak 16 Besar

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format