Anti Klimaks di Babak Pertama, Madrid Terkapar di El Clasico


Barcelona mengukuhkan status sebagai penguasa La Liga usai tampil trengginas kontra rival abadi Real Madrid. Bertandang ke Bernabeu, Blaugrana sukses melesakan tiga gol tanpa balas pada edisi El Clasico yang digelar Sabtu (23/12/2017). Luis Suarez (menit ke-54), penalti Lionel Messi (64′), dan Aleix Vidal (90+3′) mencatumkan nama di papan skor.

Susunan Pemain
Real Madrid (4-4-2): Navas; Marcelo, Ramos, Varane, Carvajal; Kroos, Kovacic (Bale 72′), Casemiro (Asensio 72′), Modric; Ronaldo, Benzema (Nacho 66′)

Barcelona (4-4-2): Ter Stegen; Alba, Vermaelen, Pique, Roberto (Vidal 90′); Iniesta (Semedo 77′), Busquets, Paulinho (Gomes 84′), Rakitic; Messi, Suarez

Real Madrid terlihat sangat bersemangat dan langsung mendominasi di awal laga. Los Merengues memenangkan penguasaan bola dan sempat mengurung Barcelona di areal pertahanan mereka sendiri.

Baru 3 menit laga berlaga, Cristiano Ronaldo membuat publik Bernabeu bersorak setelah sundulannya dari skema sepak pojok masuk ke gawang Marc Andre Ter Stegen. Namun sayang sorakan gembira itu berubah menjadi sorakan kekecewaan setelah ia dinyatakan offside oleh hakim garis.

 

Real Madrid terus berlangsung , kendati Barcelona mulai menunjukan perlawanan di 15 menit pertama. Madrid sendiri kembali mendapat peluang emas di menit 11 setelah Toni Kroos melepaskan umpan matang ke arah Ronaldo. Ronaldo yang tidak terjaga malah gagal memanfaatkan peluang matang tersebut, setelah ia menendang angin ketimbang menendang bola umpan tersebut.

Di menit ke 18, kartu kuning pertama di laga ini akhirnya keluar. Adalah Thomas Vermaelen yang mendapatkan kartu pertama di laga ini setelah ia menjegal Luka Modric untuk meredam serangan balik El Real.

Di menit 22, Madrid kembali mendapat peluang emas , namun Cristiano Ronaldo yang membawa bola terlalu memaksakan diri untuk melepaskan tembakan.

Barcelona membalas dengan serangan berbahaya pada menit 30. Menerima umpan terukur dari Lionel Messi, Pauliho yang berhadapan satu lawan satu dengan Ramos berhasil melepaskan tembakan keras terukur namun sayang masih bisa ditepis oleh Keylor Navas.

Bola pun bergulir dengan cepat karena kedua tim bermain terbuka dan memperagakan permainan taktis. Madrid melancarkan skema serangan balik lewat aksi CR7 yang berhasil lolos dari empat pengawalan pemain Barca, Sayang sekali, bola tendangan terarah masih mengenai kaki Ter Stegen sehingga bola melebar dari gawang Barcelona.

Madrid lagi-lagi mendapatkan peluang emas di menit 35.  Ronaldo dan Benzema berhasil lolos dari jebakan offside dan melaju ke gawang Barcelona. Ronaldo kemudian melepaskan umpan terukur kepada Benzema, namun bola sepakan Benzema masih bisa dihalau bek Barcelona.

Memasuki menit 38, Paulinho kembali memaksa Keylor Navas melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan sundulannya hasil umpan matang dari Lionel Messi. Empat menit berselang giliran Benzema yang membuat pertahanan Barcelona ketar-ketir setelah sundulannya hasil umpan silang Marcelo mengenai tiang gawang Barcelona.

Menjelang babak pertama terakhir, Barcelona mendapat peluang emas setelah mereka mendapatkan hadiah tendangan bebas dekat areal gawang Madrid. Messi yang maju sebagai eksekutor gagal memaksimalkan peluang sehingga babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, Barcelona mulai meningkatkan tempo permainan dan mengimbangi Real Madrid. Terbukti, Barcelona mulai keluar dari dominasi tuan rumah dan menciptakan peluang pertama di babak pertama melalui sepakan Luis Suarez, namun tembakan terukurnya masih bisa dibaca oleh Keylor Navas.

Gol yang dinanti-nanti akhirnya lahir di menit 54. Melalui skema serangan balik, Sergi Roberto melepaskan umpan terukur yang kemudian diselesaikan dengan dingin oleh Luis Suarez. Skor berubah menjadi 0-1 untuk keunggulan tim tamu Barcelona.

Unggul satu gol, Barcelona mulai percaya diri dan nyaman tampil bermain di Bernabeu. Petaka bagi tuan rumah hadir di menit 64. Real Madrid harus bermain dengan 10 pemain setelah Dani Carvajal menepis bola peluang matang Barcelona di kotak penalti dengan tangannya yang kemudian mendapat kartu merah langsung dari wasit. Lionel Messi yang ditunjuk sebagai eksekutor tidak kesulitan menaklukan Keylor Navas sehingga kedudukan menjadi 0-2 untuk keunggulan tim tamu.

Tertinggal dua gol, Zinedine Zidane langsung melakukan tiga pergantian di timnya. Karim Benzema, Mateo Kovacic, dan Casemiro ditarik keluar untuk digantikan oleh Nacho Fernandez, Gareth Bale dan Marco Asensio.

Ernesto Valverde juga melakukan pergantiaan pemain di menit 76. Andres Iniesta yang ditarik keluar untuk digantikan Nelson Semedo.

Masuknya Asensio dan Bale membuat serangan Madrid semakin hidup. Di menit 74 Asensio sukses melewati pemain bertahan Barcelona untuk mengirimkan umpan ke Ronaldo, namun bola masih bisa dihalau oleh bek Barcelona lainnya.

Gareth Bale mendapatkan dua peluang emas dua menit berselang, yang pertama ketika ia gagal memanfaatkan kemelut di depan gawang, kemudian ia tembakan melengkung dari luar kotak penalti berhasil diantisipasi Ter Stegen.

Barcelona merespon lewat pergerakan sisi sayap memanfaatkan keunggulan umlah pemain. Semedo berhasil membongkar lini pertahanan Madrid  dan melepaskan tembakan mendatar namun masih melebar tipis dari gawang Navas.

Di sisa babak kedua ini, Valverde memutuskan untuk menggunakan dua sisa pergantia.  Paulinho dan Sergi Roberto ditarik keluar untuk digantikan dengan Andre Gomes dan Aleix Vidal.

Vidal kemudian menjadi aktor menyempurnakan kemenangan Barcelona di masa injury time, setelah tendangan keras mendatar hasil umpan dari Lionel Messi tidak diantisipasi dengan sempurna oleh Keylor Navas. Kedudukan 0-3 terus bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Hasil ini membuat Barca nyaman di puncak klasemen La Liga dengan 45 poin dan berjarak sembilan poin dari pesaing terdekat, Atletico Madrid. Real Madrid tersendat di posisi keempat dengan 31 poin.

Facebook Comments


What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Anti Klimaks di Babak Pertama, Madrid Terkapar di El Clasico

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format