Felipe Massa Segera Pensiun dari Balapan F1


Pebalap Williams, Felipe Massa, akhirnya membocorkan persiapan masa depannya. Setelah genal 15 musim berkiprah di lintasan jet darat, pebalap asal Brasil itu memutuskan akan pensiun dari ajan F1 pada akhir musim 2017. Massa menyampaikan recnananya lewat media sosial, di akun  @MassaFelipe19 Sabtu (4/11/2017).

Massa sebenarnya sudah sempat menyatakan pensiun dari F1 pada akhir 2016. Namun, pebalap 36 tahun kelahiran Sao Paulo, Brasil itu batal pensiun karena kembali dikontrak Williams untuk menggantikan Valtteri Bottas pada F1 2017.

“Hai semua. Tahun lalu saya sudah mengumumkan pensiun dari F1. Namun, karena permintaan Williams, saya memutuskan kembali balapan semusim lagi. Tapi kali ini benar-benar menjadi musim terakhir saya di F1,” ujarnya lewat video singkat berdurasi 42 detik di akun @MassaFelipe19.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada keluarga, teman-teman, sponsor, dan fans yang telah mendukung saya. Semoga saya bisa menemui kalian pada dua balapan terakhir di Interlagos dan Abu Dhabi. Tetap dukung saya tahun depan jika saya tampil pada kategori balap lain,” lanjut sang pebalap yang kabarnya akan tampil pada ajang Formula E.

Agaknya Massa memang sudah membicarakan hal ini dengan Williams, tim yang ia bela empat musim terakhir itu kemudian merespon melalui akun official.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Felipe atas apa yang telah dia berikan buat tim dalam empat tahun terakhir. Mewakili tim, kami mendoakan yang terbaik buat Felipe di masa depan,” ujar Deputi Team Principal Williams, Claire Williams.

Massa menjalani debut di ajang F1 dimulai di GP Australia 2002 saat bergabung bersama tim Sauber-Petronas. Ia meraih podium kemenangan perdananya di GP Turki 2006 bersama tim Ferrari. Prestasi terbaik Massa sampai saat ini adalah saat ia menjadi runner-up dunia 2008 di bawah pembalap McLaren, Lewis Hamilton. Ia juga menjadi pembalap Brasil pertama sejak Ayrton Senna pada tahun 1993 yang berhasil memenangi lomba di rumah sendiri pada GP Brasil 2006.

Pertengahan musim 2009, Felipe Massa sempat mengalami kecelakaan hebat yang nyaris mengakhiri hidupnya di Hongaria. Tim Ferrari lantas mengganti Massa dengan Luca Badoer (dua balapan) dan Giancarlo Fisichella (lima balapan). Posisinya di tim tersebut santer bakal diganti bila sampai akhir 2009 kondisinya belum baik, Felipe akhirnya kembali berkiprah setelah Ferrari mengumumkan bahwa Massa akan tetap tinggal di Ferrari. Rekan setim Massa saat ini adalah juara dunia 2005-06, Fernando Alonso. Felipe bertahan di tim Ferrari sampai akhir musim 2013.Di musim 2014, Felipe beralih memperkuat tim Williams bersama Valtteri Bottas.

Massa telah berkarier di F1 selama 15 tahun. Dari 267 start, dia mengoleksi 11 kemenangan dan menjadi runner-up F1 2008 di bawah Lewis Hamilton.

Kubica

Di Resta

Williams belum mengumumkan pengganti Felipe untuk F1 2018. Autosport menyebut Robert Kubica dan Paul di Resta sebagai kandidat terkuat.

Facebook Comments


What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Felipe Massa Segera Pensiun dari Balapan F1

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format