FIA Rancang Aturan “Ballast” Bobot Minimal Pembalap F1 2018


FIA sedang menyusun rencana batas minimum bobot pebalap Formula 1 di tahun 2019 untuk memastikan bahwa para pebalap yang berbadan lebih tinggi dan lebih berat tidak lagi dirugikan masalah berat. Gagasan tersebut muncul dari pertemuan Grup Strategi F1 terakhir, dan setelah diskusi di Technical Working Group, Grup Strategi memberikan perkembangan peraturan tersebut pada pertemuan minggu lalu.

 

Jika aturan ini berlaku, nantinya total berat pebalap dan tempat duduknya tak boleh kurang dari 80 kg. Berat tersebut termasuk ballast (pemberat) yang terdapat di bawah tempat duduk.

Batas minimal berat total mobil dan pebalap juga akan naik sebesar 6 kg menjadi 740 kg. Maka berat sebuah mobil F1 nantinya akan menjadi 660 kg, bila tanpa pebalap.

 

Setelah diskusi lebih lanjut di TWG berikutnya, sebuah proposal yang lebih rinci akan dibuat sebagai persetujuan akhir.

Mobil menjadi lebih berat di tahun lalu usai menggunakan ban yang lebih lebar dan lebih besar, dari 702 kg menjadi 728 kg di tahun 2017. Untuk tahun 2018 kembali meningkat menjadi 734 kg karena diwajibkannya tiap mobil untuk mengenakan perangkat pelindung “Halo”.

Namun tim-tim F1 kemudian mengungkapkan bahwa berat Halo dan pengamannya, bisa mencapai 15 kg. Hal tersebut membuat sejumlah pihak khawatir dengan kesehatan para pebalap yang memiliki badan lebih tinggi dan lebih berat.

Grup Strategi F1 lantas menetapkan 80 kg sebagai batas berat minimal pebalap F1 modern. dan siapa pun yang memiliki bobot lebih dari itu berpotensi akan berada pada posisi yang kurang menguntungkan.

Intinya, dengan batas 80 kg yang baru berarti pebalap dengan berat 70 kg akan membutuhkan 10 kg “ballast pemberat”, sementara pengemudi 75 kg membutuhkan 5 kg, dan seterusnya. Rencananya ballast ini harus ditempatkan di dalam kursi FIA biasa.

Facebook Comments


What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

FIA Rancang Aturan “Ballast” Bobot Minimal Pembalap F1 2018

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format