Flamini Bukan Bintang Bola Biasa Tapi “Sultan” dengan Kekayaan Miliaran Euro!


Nama Flamini tiba-tiba kembali mencuat karena mencatatkan kekayaan luar biasa. Usut punya usut, gelandang yang pernah berkiprah di Arsenal itu ternyata merintis bisnis sampingan yang telah mendatangkan keuntungan besar. Flamini disebut mengantungi kekayaan bernilai puluhan milyar euro, jumlah yang cukup untuk membeli aset klub sekelas Real Madrid atau 10 klub di La Liga. Wow! Pemain asal Prancis mengaku berinvestasi cukup besar untuk mendirikan GF Biochemicals. Namun, dia menikmatinya sebagai tantangan lain di luar sepak bola.

 

Mungkin tak banyak yang tahu dan menyangka jika punggawa Perancis itu termasuk investor yang cermat dalam mengelola uangnya. Ini berawal pada tahun 2008 ketika Flamini tertarik dengan proyek bernama GF Biochemicals., yang merupakan kependekan dari namanya dan partner bisnisnya, Pasquale Granata. Perusahaan GF Biochemicals pun mulai beroperasi untuk memproduksi Levulinic Acid yang bisa menjadi pengganti minyak pada masa depan.

Pabrik GF Biochemicals kini sudah terbilang besar dan memproduksi pelarut, pelumas dan produk kimia lainnya. Volume produksinya mencapai skala besar yaitu 10 ribu ton per tahun. GF Biochemicals berbasis di Caserta, Italia, dan mempekerjakan empat ratus karyawan. Sebanyak delapan puluh orang di antaranya ada di Italia. Bukan hanya itu, Biochemicals sudah memiliki cabang di beberapa negara di antaranya di Belanda dan Amerika Serikat. Selain itu, Flamini juga sukses mengakuisisi sebuah perusahaan di Amerika yaitu Segetis.

Flamini mengaku tidak ada satu pihak pun yang tahu tentang usahanya tersebut. “Teman-teman saya di Milan mungkin baru akan tahu saat kami makan siang nanti dan rekan di Arsenal malah bisa tahu sesudah membacanya di berita. Saya kira Arsene Wenger (manajer Arsenal, Red.) juga tidak tahu, saya tidak pernah membicarakan ini dengan dia,” ujar Matkepada The Sun.

“Ketika memulai sebuah hal seperti ini, Anda pasti akan mengeluarkan banyak uang. Wajar jika akhirnya Anda merasa sedikit stres,” kata Flamini. “Bagi saya, ini adalah pelarian. Karier di sepak bola bisa naik dan turun. Ini membantu saya untuk melepaskan pikiran. Namun, hal ini juga menantang dalam segi intelektual,” ujarnya.

Perusahaan tersebut saat ini sudah bernilai 30 milyar euro. Jumlah aset tersebut memang tak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kekayaan milik dua pemain terbaik dunia Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi. Nah, jika aset Real Madrid ditaksir sekitar harga 29 milyar euro, maka Flamini sudah mampu memiliki klub 12 kali juara Liga Champions tersebut.

Gaji dan bayaran bintang sepakbola liga-liga elite Eropa memang fantastis. Bayangkan saja megabintang Barcelona, Lionel Messi, mendapat bayaran Rp 5,9 miliar per pekan! Sementara Neymar menerima Rp 8,1 Miliar per pekan. Namun, gaji besar tak menjamin seorang pesepakbola dapat langgeng menjaga kekayaannya. Beberapa pemain top dunia seperti Adriano Leite (pernah membela Inter), mengalami kebangkrutan karena gagal menjaga asetnya.

Facebook Comments


What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Flamini Bukan Bintang Bola Biasa Tapi “Sultan” dengan Kekayaan Miliaran Euro!

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format