Inilah 10 Momen Tak Terlupakan di Piala Dunia 2018, Yuk Flashback!


Piala Dunia 2018 baru saja berakhir, dan Prancis berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia 2018 mengalahkan Kroasian di final dengan skor 4-2. Banyak momen yang tak bisa kita lupakan di dalam Piala Dunia tahun ini, mulai dari tim papan atas yang pulang lebih dini, debut VAR, sosok keharmonisan dua Presiden, selebrasi dari beberapa pemain, debut timnas Panama dan Islandia, dan masih banyak lagi. Bahkan di Piala Dunia 2018, banyak sejarah-sejarah baru ditorehkan. Berikut inilah 10 momen tak terlupakan di Piala Dunia 2018 yang berhasil kita rangkum.

1. Debut ‘VAR’ di Piala Dunia

Tips juara - 10 Momen tak terlupakan di Piala Dunia 2018

Di dalam dunia sepak bola muncul sebuah bintang baru yaitu teknologi ‘VAR’ (Video Assistant Referee) adalah asisten baru wasit sepak bola yang bertugas meninjau keputusan wasit kepala dengan melihat tayangan ulang video. Dalam pertandingan antara Prancis melawan Australia di babak penyisihan Grup C, VAR melakukan debutnya di Piala Dunia 2018. VAR memutuskan bahwa tekel yang dilakukan oleh pemain Austalia Joshua Risdon terhadap Antoine Griezmann di dalam kotak penalti adalah sebuah pelanggaran dan wasit pun memberikan hadiah penalti untuk Prancis. Setelah itu, VAR banyak digunakan dalam pertandingan selanjutnya di Piala Dunia 2018, bahkan di partai final kala Prancis bertemu Kroasia. Sayangnya, teknologi ini masih memicu pro dan kontra para pencinta sepak bola.

2. Tuan rumah Rusia berhasil pulangkan Spanyol

Tips juara - 10 Momen tak terlupakan di Piala Dunia 2018 (2)

Tuan rumah Rusia berhasil menorehkan sejarah baru dan mencatat prestasi yang tidak terduga sebelumnya di Piala Dunia 2018. Rusia yang sebelumnya digadang-gadang menjadi salah satu kuda hitam di Piala Dunia 2018 berhasil mengalahkan Spanyol yang lebih diunggulkan dari segi kualitas pemain. Tuan rumah berhasil memulangkan Spanyol berkat kemenangan lewat adu penalti. Sayangnya, prestasinya harus berakhir kala dikalahkan oleh Kroasia pada babak perempat final dengan skor 3-1. Hal itu tidak membuat kubu tuan rumah kecewa, pasalnya sang Presiden beserta para fans Rusia pun turut bangga karena timnas Rusia berhasil mencatat prestasi yang tak terduga.

3. Korea Selatan kalahkan juara bertahan Piala Dunia sebelumnya

Tips juara - 10 Momen tak terlupakan di Piala Dunia 2018 (3)

Jerman yang menjadi juara bertahan di Piala Dunia sebelumnya harus menahan malu karena dikalahkan oleh Korea Selatan dengan skor 2-0. Kemenangan Korea Selatan itu juga berhasil untuk membuat ‘Sang juara bertahan’ pulang lebih dini di babak kualifikasi grup. Biarpun Korea Selatan tidak berhasil lolos pada babak grup, tapi mereka berhasil membuat malu Jerman dan membuat mereka jadi sosok juru kunci Grup F. Penampilan Korea Selatan pun patut diacungi jempol karena tampil lebih impresif dibandingkan sang juara bertahan.

4. Gol Perdana Panama di Piala Dunia 2018

Tips juara - 10 Momen tak terlupakan di Piala Dunia 2018 (4)

Salah satu pemain timnas Panama berhasil mencatakan sejarah gol perdana Panama di Piala Dunia 2018 kala melawan Inggris, yaitu Felipe Baloy. Gol ini menjadi gol pertamanya di sepanjang sejarah Piala Dunia. Biarpun timnas Panama gagal lolos dari babak grup, gol ini tampaknya menjadi obat sakit hati untuk seluruh pendukung Panama dan juga penggemar sepak bola di seluruh dunia.

5. Selebrasi gol Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri

Tips juara - 10 Momen tak terlupakan di Piala Dunia 2018 (5)

Selebrasi gol yang dibuat oleh dua pemain Swiss ini ternyata mengundang masalah di Piala Dunia 2018. Selebrasi gol saat melawan Serbia ini menirukan gestur burung Albania yang nyatanya saat itu memiliki masa lalu antara dua negara yaitu Serbia dan Albania. Meski selebrasi ini mengundang masalah, banyak juga yang memuji selebrasi ini karena mereka berdua berani menyuarakan patriotismenya.

6. Jepang lolos berkat ‘Fair Play Point

Tips juara - 10 Momen tak terlupakan di Piala Dunia 2018 (6)

Untuk pertama kalinya di Piala Dunia, Fair Play Point digunakan sebagai tie-breaker di fase grup H Piala Dunia 2018. Juri Piala Dunia 2018 harus menentukan runner up dari Grup H yang kala itu Jepang dan Senegal menjadi kandidatnya, karena mereka mempunyai poin yang sama, juga jumlah gol memasukkan dan kemasukan serta head-to-head yang sama maka juri harus menentukan lewat Fair Play Point atau simpelnya tim yang mengantungi kartu lebih banyak harus tersingkir. Dan Jepang lah yang berhasil memenangkan Fair Play Point dengan Senegal karena mempunyai jumlah kartu lebih sedikit.

7. Inggris akhirnya meruntuhkan mitos di adu penalti

Tips juara - 10 Momen tak terlupakan di Piala Dunia 2018 (7)

Sebelumnya Inggris selalu dihantui dengan kutukan selalu kalah dalam adu penalti. Mereka selalu kalah dalam tiga adu penalti pada tahun 1990, 1998 dan 2006. Track rekor dalam adu penalti, timnas Inggris memang bisa dibilang tidak terlalu menggembirakan terutama di turnamen besar.  Tapi di Piala Dunia 2018, Inggris berhasil mematahkan semua mitos tentang kekalahan saat adu penalti. Dalam drama adu penalti lawan Kolombia, Inggris berhasil memenangkannya. Kehebatan sang kiper Inggris, Jordan Pickford dan juga Harry Kane menjadi salah satu penentu kemenangan drama adu penalti tersebut.

8. Keharmonisan Presiden Kroasia dan Presiden Prancis

Tips juara - 10 Momen tak terlupakan di Piala Dunia 2018 (8)

Presiden Kroasia, Kolinda Grabar-Kitarovic dan Presiden Prancis, Emmanuel Macron hadir di partai final Piala Dunia 2018 kala Prancis bertemu dengan Kroasia. Mereka berdua bahkan seringkali tertangkap kamera sedang menunjukkan keharmonisan di tengah laga tersebut. Bahkan keduanya, tak segan untuk saling memberikan pelukan hangat untuk memberikan contoh keharmonisan antara kedua pemimpin negara.

9. Penyusup di partai Final Piala Dunia 2018

Tips juara - 10 Momen tak terlupakan di Piala Dunia 2018 (9)

Saat partai final sedang berlangsung kala Prancis melawan Kroasia, wasit harus meniup peluit untuk menghentikan pertandingan sementara dikarenakan ada 3 penyusup yang masuk ke dalam lapangan, 2 diantaranya wanita dan 1 orang pria. Para penyusup ini pun masuk ke dalam lapangan dengan menggunakan seragam polisi Rusia. Aksi nekat dari ketiga orang ini terbilang cukup mengejutkan para penonton dan juga pemain di lapangan. Setelah diselidiki, ternyata ketiga orang ini adalah anggota dari Pussy Riot, salah satu grup band asal Rusia yang beraliran punk rock. Visi misi mereka pun masuk ke dalam lapangan adalah untuk memprotes pemerintahan presiden Rusia, Vladimir Putin. Memang band ini terkenal sering mengkampanyekan isu-isu sosial, politik dan beberapa aksi lainnya terhadap pemerintahan Putin.

10. Mbappe catat rekor baru

Tips juara - 10 Momen tak terlupakan di Piala Dunia 2018 (10)

Kylian Mbappe, bintang muda asal Prancis ini berhasil mencatatkan rekor baru di Piala Dunia 2018. Mbappe sendiri berhasil menjadi pemain termuda kedua setelah Pele yang berhasil mencetak gol di partai final Piala Dunia. Pemain berusia 19 tahun ini juga berhasil membawa Prancis keluar sebagai juara Piala Dunia 2018. Sang legenda Brasil, Pele juga langsung memberikan ucapan selamat kepada Mbappe setelah berhasil menyamai rekornya di ajang Piala Dunia.

 

 

Facebook Comments


What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Inilah 10 Momen Tak Terlupakan di Piala Dunia 2018, Yuk Flashback!

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format