Jelang Asian Games 2018, Inilah Hal Memalukan Indonesia Yang Disorot Media Asing


Tips juara - Jelang Asian Games 2018, Indonesia disorot media asing (cover)

Menjelang 25 hari lagi Asian Games 2018 resmi digelar di Indonesia, banyak persiapan yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk mensukseskan event olahraga terbesar se-Asia ini. Gubernur DKI Jakarta beserta wakilnya pun sibuk melakukan peremajaan di beberapa tempat, seperti pemasangan waring di atas sungai Item, pemasangan bendera negara peserta Asian Games 2018 menggunakan tiang bambu. Sayangnya, banyak warga Indonesia menganggap hal itu sebagai hal yang memalukan dan tidak pantas untuk dibanggakan sebagai tuan rumah. Apalagi kabar itu juga sudah menjadi sorotan media asing. Berikut inilah hal memalukan Indonesia yang menjadi sorotan media asing jelang Asian Games 2018.

1. Pemasangan bendera peserta Asian Games menggunakan tiang bambu

Tips juara - Jelang Asian Games 2018, Indonesia disorot media asing (1

Adanya deretan pemasangan bendera peserta Asian Games 2018 yang dipasang menggunakan tiang bambu di beberapa daerah ternyata sontak menjadi perbincangan netizen di sosial media.Salah satunya pemilik akun @Mentimoen. Dirinya menuliskan di laman status twitternya bahwa hal tersebut tidaklah layak mengingat Indonesia sebagai penyelenggara Asian Games 2018. Kicauannya pun mendapat 100 komentar, disukai sebanyak 381 orang serta di ritwet sebanyak 907 kali.

Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) sempat menurunkan bendera para peserta Asian GamesΒ  yang terpasang menggunakan tiang bambu. Namun, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meminta para petugas untuk memasangnya kembali.

“Pemasangan bendera itu adalah inisiatif warga. Jangan halangi, jangan rendahkan dan mari kita izinkan rakyat merayakan Asian Games dengan kemampuannya, dengan ketulusannya,” ucap Anies Baswedan dikutip dari Liputan6.

Bahkan sang Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno juga ikut bicara mengenai kabar ini. Banyak juga yang mengatakan bahwa dana tiang bambu untuk bendera para peserta Asian Games 2018 berasal dari APBD DKI Jakarta. Menurutnya, hal tersebut tidaklah benar, dana tersebut merupakan murni inisiatif para masyarakat setempat. Menurut Sandiaga Uno, pembelian dan pemasangan tiang bambu ini harus diapresiasi. Karena ini merupakan niat warga untuk mensukseskan serta menyebarkan demam Asian Games 2018 kepada masyarakat sekitar.

Sayangnya hal ini juga menjadi sorotan media asing jelang Asian Games 2018. Dilansir dari South China Morning pada Senin (23/07/2018), media tersebut menyoroti penggunaan tiang bambu sebagai media pengikat bendera peserta Asian Games.
South China Morning juga menuliskan judul pemberitaanya, yaitu: ‘Asian Games 2018: Jakarta governor orders residents’ flags be re-erected after Asiad gesture initially falls flat’.Β 

Dalam artikel tersebut juga media asal Cina itu membahas soal Gubernur DKI Jakarta yang memberikan perintah untuk memasang kembali bendera yang sebelumnya sempat dicopot.

“Awalnya, seorang kepala distrik (Lurah) di Penjaringan memerintahkan agar bendera yang dipasang oleh penduduk setempat, dicopot setelah mendapat ejekan dari pengguna media sosial yang mengkritisi penggunaan bambu yang diikat pada pagar pembatas jalan menggunakan tali rafia. Rencananya, usai dicopot, bendera akan kembali dipasang dengan tiang dengan kualitas yang lebih bagus,” dikutip dari South China Morning.

“Namun, Baswedan kemudian membatalkan perintah itu, dan memuji penduduk setempat atas upaya mereka menyambut para pengunjung kota, dengan mengatakan upaya mereka harus dihargai, dan ia berharap orang lain akan belajar dari mereka,” lanjut South China Morning dalam artikelnya.

2. Pemasangan jaring di atas Kali Item

Tips juara - Jelang Asian Games 2018, Indonesia disorot media asing (2)

Langkah yang diambil Pemprov DKI Jakarta untuk mensukseskan Asian Games 2018 selanjutnya adalah menutup Kali Item di Kemayoran. Hal ini ternyata banyak mengundang perhatian warga Jakarta bahkan sampai media asing.

Kali Item sendiri merupakan sungai yang mengalir di kawasan Sentiong, Jakarta Pusat. Nama Kali Item muncul karena warna yang dikeluarkan air sungai ini adalah hitam pekat akibat limbah rumah tangga serta menimbulkan bau yang sangat menyengat.

Pemasangan jaring ini juga sebenarnya untuk mengurangi bau tak sedap yang dikeluarkan oleh Kali Item sendiri. Apalagi para peserta Asian Games menginap di Wisma Atlet Kemayoran yang hanya berjarak beberapa meter saja dari Kali Item. Pemerintah juga memaksudkan agar bau tak sedap ini tidak tercium oleh para peserta agar tetap menimbulkan kenyamanan saat mereka sedang berada di Wisma Atlet Kemayoran.

Masalah ini pun terdengar sampai ke media asing asal Singapura, Channel News Asia. Media ini juga membuat berita ini dengan judul ‘Jakarta covers up ‘stinky, toxic’ river near Asian Games village’.

“Sungai beracun, berbau busuk dekat Wisma Atlet Asian Games di Jakarta ditutup oleh jaring nilon hitam karena ketakutan akan merusak pemandangan saat Asian Games berlangsung,” dikutip dari Channel News Asia.

“Para pejabat di Ibukota Indonesia telah berjuang untuk mempersiapkan venue, menyelesaikan pembangunan gedung, memperlebar jalan, dan mengatasi kemacetan lalu lintas yang terkenal, sebelum Asian Games yang akan digelar pada 18 Agustus 2018. Namun, masalah sungai beracun dan berbau tak sedap, yang berada tak jauh dari tempat tinggal para atlet muncul di luar rencana perbaikan, sehingga pemerintah memutuskan untuk menyembunyikannya,” lanjut media yang berbasis di Singapura ini.

Tips juara - Jelang Asian Games 2018, Indonesia disorot media asing (2

Kendati demikian, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengklaim hal yang dilakukan ini sudah mengurangi bau tak sedap yang dikeluarkan dari Kali Item dibandingkan dengan sebelum dipasang jaring.

Gubernur DKI Jakarta juga akan terus melakukan upaya untuk mengurangi bau tak sedap ini hingga benar-benar hilang tanpa menghambat usaha di airnya.

Facebook Comments


What's Your Reaction?

Angry Angry
1
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Jelang Asian Games 2018, Inilah Hal Memalukan Indonesia Yang Disorot Media Asing

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format