Prancis Juara Piala Dunia 2018


Prancis Juara Piala Dunia 2018!  Tim Ayam jantan sukses membawa trofi Piala Dunia 2018 usai menang 4-2 atas Kroasia di final pada Minggu (15/7). Laga atraktif dan hujan mewarnai partai pamungkas antara “Les Bleus” dan “The Vatreni” di Luzhniki. Gol bunuh diri Mandzukic dan penalti kontroversial sempat dibalas gol cantik Perisic menutup skor 2-1 untuk keunggulan Prancis di babak pertama. Les Bleus memperlebar jarak lewat kaki Pogba dan Mbappe sedangkan Kroasia hanya bisa membalas lewat Mandzukic. Skor 4-2 bertahan hingga peluit panjang waktu normal berakhir.

Prancis Juara Piala Dunia 2018

Atmosfer prestise laga pamungkas langsung terasa bagi skuad kedua tim sejak wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai.
Setelah sama-sama bermain hati-hati di lima menit, Kroasia mulai berinisiatif mengambil kendali permainan. Duet Modric dan Rakitic bermain sejajar di lini tengah, dan Brozovic sebagai gelandang jangkar. Sedangkan Prancis tampil dengan tempo sedang dan seperti membiarkan penguasaan bola oleh lawan sambil menunggu momentum serangan balik. Trio gelandang Pogba-Kante-Matuidi tampil dengan karakter defensif, sementara Giroud dibiarkan tetap sendiri di depan, dengan Mbappe siap mengancam dari sayap kanan dan Griezmann yang diberi kebebasan di tengah.
Secara permainan Kroasia memang unggul ball possesion, tapi secara strategi, Prancis justru lebih berbahaya.
Mulai panas, serangan Kroasia semakin variatif lewat Modric, Perisic, Mandzukic dan Rebic hingga merepotkan pertahanan Prancis yang digalang Umtiti dan Varane. Perisic menerobos ke dalam kotak penalti Prancis, namun ia gagal menyambut bola yang berhasil diintersep Samuel Umtiti. Prancis mulai merespon.

Brozovic melanggar Griezmann di luar kotak penalti. Gelandang pembawa air itu tampak sedikit kesal dan menepuk tanah. Antoine Griezmann mengambil free kick, mengirim bola ke depan gawang. Malang bagi Mario Mandzukic, posisi dan waktu melompat yang salah membuat bola justru masuk ke gawangnya sendiri. GOLLL!!! Prancis unggul 1-0. Mandzukic menjadi pemain pertama yang mencetak gol bunuh diri di final sepanjang sejarah Piala Dunia.

Kroasia langsung berupaya bangkit. Luca Modric mulai memainkan peran playmaker dan kedu bek Strinic dan Sime Vrsaljko turut membantu naik. Bek kanan Prancis, Pavard berada di bawah tekanan dari Perisic dan Rebic.
Menit 22, Lovren hampir membuat blunder sebagai last man menyapu bola namun berhasil direbut Giroud. Namun wasit Nestor Fabian Pitana menyatakan handsball. Prancis kembali ke karakter defensif. Ngolo Kante harus diganjar kartu kuning karena melanggar Perisic.
Upaya Kroasia berbuah. Bola serangan tak sempurna dihalau hingga jatuh ke kaki Vida yang kemudian mengirim ke Ivan Perisic. Dengan skill ttingkat tinggi, winger Inter Milan melayangkan tembakan indah ke gawang Lloris. GOALL!! Skor kembali imbang 1-1.

Kedudukan sama imbang, angin masih berpihak pada Kroasia sementara Prancis memainkan umpan panjang dan mencari setpiece, tendangan bebas atau corner kick.

Benar saja keberuntungan berpihak pada Tim Ayam Jantan. Dari sebuah sepak pojok, kontroversi terjadi pada menit ke-36. Pemain Prancis mengangkat tangan menyatakan bola menyentuh tangan Perisic. Wasit Pitana kemudian berkonsultasi dengan para wasit VAR. Usai melihat kembali tayangan ulang, Pitana menunjuk titik penalti, handball diberikan!!

Tak banyak protes dilakukan kubu Kroasia. Griezmann kemudian maju menjadi eksekutor dan sukses menaklukkan Subasic untuk membawa Prancis unggul 2-1. pada babak pertama.

Meski sedikit diliputi kecewa dengan gol penalti, tim The Vatreni kembali berupaya bangkit mengejar ketinggalan. Modric terus mengkreasikan peluang dengan umpan terukur sementra Perisic terus beroperasi dari sayap kanan. Sebuah kecerobohan bek Pavard nyaris berkibat fatal. Beruntung upaya Rebic masih bisa diamankan Lloris. Demikian pula bek Samuel Umtiti yang harus jatuh bangun menahan gempran hingga sempat injured. Tak ada gol tercipta hingga babak pertama usai.
Memasuki babak kedua, Kroasia langsung mengambil kendali. Ball possesion sejauh ini masih dikuasai tim kotak-kotak merah hingga 60%. Duel semakin sengit di lini tengah. Pelatih Didier Deschamps menarik keluar Kante yang sudha terkena kartu kuning dan memasukan Nzonzi. Ayam Jantan semakin defensif namun tetap taktis dan berbahaya lewat serangan balik.
Di menit 59 Perisic membuka serangan dari sayap, namun tak ada rekan menyambut di ujung kotak penalti. Dari sisi berbeda, Mbappe berakselerasi  membuat serangan balik. Bola dikirim ke tengah, terpotong Griezmann dan jatuh di kaki Paul Pogba. Sebuah tembakan, berhasil diblok Vida, dan Pogba kembali melepas tendangan dengan kaki kiri, bola meluncur ke jala gawang Subasic yang mati langkah. GOLLL!!!! Pogba bawa Prancis menjauh 3-1.

Kroasia mulai gamang antara all out menyerang atau menjaga keseimbangan. Tiga menit berselang, serangan Prancis nyaris menambah gol jika tidak diselamatkan Brozovic dan hanya menjadi sepak pojok. Bermain naik menyerang menimbulkan celah di lini belakang Kroasia. Menit 65, Kylian Mbappe berhasil mengecoh Vida dan melepaskan tembakan keras ke gawang Subasic menjadi gol indah. GOLLL!!! Prancis unggul 4-1.

Tertinggal semakin jauh, Kroasia belum menyerah. Namun, Prancis sama sekali tak memberi ruang bagi aliran bola dari Modric maupun Rakitic. Sedikit asa terbit ketika kiper sekaligus kapten Prancis, Hugo Lloris melakukan kesalahan fatal saat Mario Mandzukic berhasil memberikan tekanan. Bermaksud mengelabui lawan, bola justru disambar Mandzukic untuk mencetak gol kedua Kroasia. GOLL!! Skor berubah menjadi 4-2.

  

Kroasia terlecut. Masih ada keajaiban? The Vatreni tak patah semangat. Pelatih Zlatko Dalic melakukan beberapa pergantian ofensif untuk menambah daya dobrak. Pjaca masuk menggantikan Strinic Sementara itu, Didier Deschamps melakukan pergantian guna meredam agresivitas dan momentum lawan. Nebil Fekir menggantikan Giroud.
Sayangnya di sisa waktu pertandingan, serangan Kroasia buntu dan membentur tembok tangguh. Justru Prancis nyaris menambah keunggulan lewat tembakan Fekir dan Pogba yang gagal menyambut bola di kotak penalti.Skor 4-2 tetap bertahan hingga menit 90+5. Prancis menjadi juara dunia! Pelatih Prancis, Didier Deschamps, berhasil menyematkan tambahan satu bintang di samping logo Ayam jantan pada jersey timnas.

Susunan pemain :

Prancis: Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; N’Golo Kante (Steven Nzonzi, 55′), Paul Pogba; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Blaise Matuidi (Tolisso, 73′); Olivier Giroud (Nabil Fekir, 81′).

Kroasia: Danijel Subasic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic (Marko Pjaca, 91′); Ivan Rakitic, Marcelo Brozovic; Ante Rebic (Andre Kramaric, 73′), Luka Modric, Ivan Perisic; Mario Mandzukic.

Facebook Comments


What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Prancis Juara Piala Dunia 2018

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format