Sepakbola Thailand Lebih Maju Dari Indonesia? Ini Alasannya!


Sepakbola Thailand Lebih Maju Dari Indonesia Ini Alasannya!

Bicara soal kemajuan, Thailand juga punya kisah yang hampir-hampir mirip dengan kebangkitan sepakbola nasional Belgia. Memiliki masa lalu yang suram, Tim Negeri Gajah Putih berhasil bangkit untuk kemudian menjadi raja Asia Tenggara. Berikut adalah kisah dibalik kesuksesan sepakbola Thailand saat ini:

Jatuh-Bangun Sepakbola Thailand Sebelum Jadi Raja Asia Tenggara

Sepakbola Thailand Lebih Maju Dari Indonesia Ini Alasannya!

Sebelum merajai sepakbola Asia Tenggara seperti sekarang ini, Thailand sempat menjalani masa naik-turun. Dan bahkan, predikat generasi emas The War Elephants sebenarnya lebih pantas disematkan pada skuad Thailand era 2000-an awal.

Tepatnya pada saat kualifikasi Piala Dunia 2002 zona Asia, Thailand berhasil unjuk gigi sebagai wakil dari Asia Tenggara. Dihuni dengan barisan pemain seperti Kiatisuk “Zico” Senamuang, Awan Sripan, Dusit Chalermsaen hingga Seksan Piturat. Kala itu Thailand ditangani oleh manajer Inggris yang juga pernah melatih timnas Indonesia, Peter Withe.

Zico dan kawan-kawan tampil impresif dengan menjadi 10 besar wakil Asia, namun sayang langkah mereka terhenti di situ. Namun hal ini tidak membuat mereka patah semangat, dan akhirnya Thailand membuktikannya dengan membuat ranking mereka merangkak ke posisi 45 FIFA.

Manajemen Bobrok, Sepakbola Thailand Alami Kemunduran Usai Asian Games 2002

Sepakbola Thailand Lebih Maju Dari Indonesia Ini Alasannya!

Keberhasilan Thailand di tahun 2002 tiba-tiba berbalik menjadi kemerosotan yang tiba-tiba dua tahun kemudian. Bahkan mereka gagal menembus putaran awal Piala AFF 2004 yang digelar di Vietnam dan Malaysia. Manajemen yang buruk dari pelatih Siegfried Held disinyalir menjadi penyebab utama nya.

Dan kegagalan ini berdampak cukup signifikan pada ranking FIFA mereka. Dari yang awalnya berada di urutan 50 besar (ranking 45), posisi Thailand anjlok ke peringkat 111. Bisa dibilang ini merupakan titik terendah dalam sepakbola Negeri Gajah Putih.

Mencoba bangkit lagi dan lagi, Thailand akhirnya merekrut Winfried Schafer. Bersama Winnie, sedikit demi sedikit sepakbola Thailand mengalami kemajuan. Namun tetap saja, puasa gelar masih menjadi rutinitas Thailand sampai akhirnya sosok ‘Zico’ kembali pada 2013.

Zico, Sosok Pria Dibalik Kebangkitan Sepakbola Thailand

Sepakbola Thailand Lebih Maju Dari Indonesia Ini Alasannya!

Zico alias Kiatisuk Senamuang memutuskan pensiun sebagai pemain aktif Thailand pda 2007. Mungkin Zico gerah dengan kondisi sepakbola di negeri nya tersebut, tahun 2013 pun dirinya kembali. Namun kali ini sebagai pelatih timnas Thailand, setelah sebelumnya sempat meniti karir sebagai asisten pelatih.

Sosok Zico yang sangat paham dengan carut-marut nya manajemen sepakbola Thailand akhirnya melakukan pendekatan secara personal. Zico mendatangi klub-klub lokal Thailand meminta izin untuk mengangkut pemain mereka setiap akhir pekan untuk berlatih bersama timnas Thailand.

Singkat kata, proyek Zico pun berhasil dan membuahkan regenerasi pemain dengan kualitas tinggi. Timnas Thailand bahkan berhasil bicara banyak di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia dengan mengangkangi mantan juara Asia, Irak. Namu tetap, untuk bisa mengungguli Korea Selatan atau Jepang masih cukup sulit bagi mereka.

Terlepas dari semua itu, Thailand terbukti bisa keluar dari krisis yang menimpa sepakbola nasional mereka. Dengan keyakinan dan kerja keras, kini mereka berhasil kembali merebut tahta mereka sebagai Raja Asia Tenggara. Semua warga Thailand wajib berterima kasih pada Kiatisuk “Zico” Senamuang untuk hal yang satu ini.

Facebook Comments


What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Sepakbola Thailand Lebih Maju Dari Indonesia? Ini Alasannya!

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format