Tips Juara Mendapatkan Khasiat Terbaik Madu


Di antara ribuan penemuan manusia yang berharga dari alam, salah satu yang paling dekat dengan kita adalah Madu. Siapa yang tak kenal dengan bahan alami yang satu ini? Cairan berwarna coklat keemasan yang merupakan kumpulan nektar tanaman yang bercampur dengan saliva atau air liur lebah telah dipercaya turun-temurun sebagai bahan makanan alami terbaik. Madu juga dikenal berguna untuk pengobatan, penyembuhan pun perawatan kecantikan. Nenek moyang manusia pun diyakini mengkonsumsi madu sebagai pangan. Zat yang terbentuk di sarang lebah ini juga diyakini menambah energi dan vitalitas kepada tubuh manusia.    

Madu tersusun dari glukosa, fruktosa dan air bersama sejumlah senyawa nutrisi yang lain seperti protein, vitamin dan mineral, termasuk niasin, kalsium, tembaga, riboflavin, zat besi, magnesium, potassium dan zinc.

Sejatinya, manfaat madu telah dirasakan peradaban manusia sejak dahulu kala. Orang Mesir Kuno telah mengonsumsinya. Penduduk di negeri Firaun Kuno sudah terbiasa memanfaatkan madu sebagai makanan bergizi tinggi serta obat berbagai macam penyakit yang mujarab. Meski begitu, peradaban kuno belum mampu menjelaskannya secara ilmiah.

Adalah Ibnu Sina seorang dokter legendaris sepanjang masa – yang telah berhasil membuktikan kebenaran khasiat madu tersebut, dalam usia tua. Konon, Ibnu Sina masih tetap kelihatan sehat dan segar bugar layaknya seorang pemuda, karena terbiasa mengonsumsi madu.

Hasil penelitian terakhir yang dikeluarkan dari Universitas Moskow, menyatakan madu ternyata juga mengandung logam alumunium, boron, krom, tembaga, timbal, titanium, seng, asam organik, asetilkolin, hormon, antibiotik, zat antiracun serta zat antikanker.

Zat-zat ini sangat penting untuk memperlancar proses biokimia tubuh dan proses penyembuhan aneka penyakit. Sementara kandungan enzim dalam madu dilaporkan paling tinggi jika dibandingkan dengan makanan lainnya.

Penelitian ini juga menyebutkan madu diyakini dapat menyembuhkan tukak lambung (maag), radang usus, serta kesulitan buang air besar (sembelit). Jadi sangat baik memang untuk mengkonsumsi madu dalam keseharian kita.

 

Khasiat madu memang banyak sekali. Mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Banyak produk kecantikan yang memakai madu sebagai bahan dasar karena memang memiliki banyak sekali manfaat. Apalagi untuk kesehatan, sudah tidak perlu ditanyakan lagi manfaat madu bagi tubuh kita. Manfaat madu sebagai kesehatan sering digunakan sebagai campuran beberapa merek minuman penambah stamina tubuh.

Madu sendiri merupakan cairan yang sekilas menyerupai sirup namun lebih kental dan rasanya lebih manis. Tidak perlu ditanya lagi dari mana asal madu, tentu saja lebah. Madu berawal dari nektar yang dihasilkan oleh lebah. Rasa manis pada madu disebabkan adanya unsur monosakarida fruktosa dan glukosa yang memang merupakan perasa manis pada gula.

Tidak hanya bermanfaat sebagai kesehatan, tidak jarang pula orang menggunakan madu sebagai bahan olesan pada makanan yang hendak dipanggang atau campuran pada makanan karena rasa manis yang memang berbeda dari gula dan pemanis lainnya.

Madu sendiri merupakan campuran senyawa fruktosa (38,5 persen) dan glukosa (31,0 persen). Selain itu ada pula karbohidrat seperti maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Tidak hanya itu, madu juga mengandung anti-oksidan meskipun hanya sedikit yakni dari senyawa chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Komposisi tiap madu tidaklah sama, karena hal tersebut bergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah menghasilkan nektar.

Madu juga terbukti berguna untuk perawatan kecantikan tubuh. Menurut Ibnu Sina, madu dan minyak zaitun mampu menjadi obat mujarab yang digunakan sebagai kosmetika yang memiliki beragam khasiat.

Meningkatkan stamina
Dengan nutrisi yang tercukupi sehingga metabolisme tubuh meningkat, akan berdampak pula pada stamina yang meningkat. Tidak perlu ragu, Anda pasti sering menemui minuman peningkat stamina yang menggunakan madu bukan?

Memusnahkan bakteri dalam tubuh
Pada beberapa studi klinis dan penelitian, madu turut andil dalam membasmi bakteri yang dapat menyerang tubuh dan membuat tubuh sakit seperti E. coli, salmonella, methicillin-resistant staphylococcus aureus dan pseudomonas aeruginosa.

Mengurangi batuk
Senyawa dekstrometorfan dama madu ternyata dapat menenangkan batuk yang menyiksa Anda atau mengganggu aktivitas Anda. Bahkan ketika Anda terus mengalami batuk-batuk pada malam hari. Dengan meminum madu maka batuk Anda akan hilang bahkan dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Meningkatkan daya ingat
Bagi Anda yang memiliki kesusahan untuk mengingat atau ternyata mengalami gangguan short term memory, maka madu bisa menjadi solusi Anda. Madu juga bisa Anda konsumsi setiap hari agar di kemudian hari ketika menjelang masa senja, daya ingat Anda tidak akan menurun secara drastis. Minumlah 20 g madu setiap hari.

Mencegah kanker
Antioksidan pada madu dengan mengkonsumsinya setiap hari juga akan mengurangi dan mencegah terkena kanker di kemudian hari.

Mengurangi risiko terkena serangan jantung
Tidak hanya bermanfaat sebagai pencegah kanker, antioksidan pada madu juga dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Mencegah dan mengobati diabetes
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rasa manis pada madu berbeda dengan gula dan pemanis buatan. Justru kombinasi dari fruktosa dan glukosa dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah.

Mengobati luka luar
Pada beberapa penelitian, madu sudah terbukti efektif dapat digunakan untuk mengobati luka. Dengan mengoleskan madu murni atau madu yang belum diproses, maka luka akan sembuh dengan cepat. Luka akan tetap steril hingga menutup.

Membantu mengobati dan menghilangkan alergi
Selain mengurangi dan mengobati batuk, madu juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati dan menghilangkan alergi. Jejak serbuk sari bunga dan paparan alergen yang bekerja dapat memerangi reaksi alergi.

Tidak hanya itu, madu juga mengandung flavonoid dan asam fenolat yang dapat bertindak sebagai senyawa antioksidan yang dapat membantu masalah kesehatan seperti:

Mengatasi alergi dan asam
Mengatasi sakit perut
Mencegah stress
Mengurangi risiko serangan jantung
Mencegah resiko penyakit alzheimer
Mencegah penyakit kuning
Mencegah tumor di berbagai bagian tubuh

Tips Menggunakan Madu
Madu biasanya digunakan dengan 2 cara paling umum:

Diminum langsung. Anda dapat meminum langsung madu sesuai dengan takaran yang disarankan.
Dijadikan masker. Untk perawatan kecantikan biasanya madu akan dijadikan masker bersama dengan herbal lainnya.
Peringatan:

Lebih baik tidak diberikan pada bayi, Spora dari Clostridium botulinum telah ditemukan walaupun dalam persentase kecil dari madu di Amerika Utara. Hal ini tidak berbahaya untuk orang dewasa dan anak-anak, tetapi bayi bisa memiliki reaksi yang serius terutama yang belum genap 1 tahun. Jangan tambahkan madu pada makanan bayi atau digunakan sebagai penenang untuk menenangkan bayi rewel.

Madu juga mengandung gula.  So, jangan konsumsi secara berlebihan misalnya dalam satu botol karena nilai kalori tinggi  akan menyebabkan kadar gula tinggi. Manfaat madu untuk kesehatan sangat besar, namun tentu harus dimanfaatkan secara bijak dan jangan konsumsi secara berlebihan.

MADU menawarkan keuntungan nyata dalam masakan Anda. Namun, memasak dengan madu membutuhkan beberapa panduan.

Madu dapat menambah warna, memperkaya rasa, juga mempercantik tampilan masakan karena menjadi lebih ‘lembab’. Madu merupakan pemanis alami dengan dua kali kekuatannya dibandingkan gula pasir.

 

Facebook Comments


What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Tips Juara Mendapatkan Khasiat Terbaik Madu

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format