UEFA Nations League: Turnamen Timnas Eropa Dimulai Pekan Ini !


Akhir pekan ini kompetisi liga-liga Eropa akan diliburkan seiring hadirnya turnamen baru UEFA Nations League (Liga Bangsa-bangsa Eropa). Turnamen yang bisa dibilang sebagai “Liga Champions”-nya timnas di Benua Biru ini akan diikuti 55 negara. Agenda ini sudah digodok UEFA sejak 2011 lalu dan baru terwujud pada 2018 ini. Uniknya, terdapat sistem promosi dan degradasi di UEFA Nations League. 55 timnas tersebut terbagi dalam empat liga yang dilandaskan pada peringkat koefisien negara yang ditentukan UEFA per 11 Oktober 2017.

Turnamen ini akan dimulai 6 September. Laga pertama UEFA Nations League edisi pertama ini akan mempertemukan Kazakhstan vs Georgia, 6 September 2018 waktu setempat. Tim besar yang bertemu adalah Jerman kontra Prancis di hari yang sama. Fase grup ini rencananya akan dituntaskan pada bulan November tahun ini.

Liga Bangsa-bangsa akan mempertemukan negara-negara Eropa secara teratur sampai pada puncaknya, partai final yang dijadwalkan pada bulan Juni 2019 mendatang.

Jeda internasional biasanya diisi laga-laga persahabatan (friendly) tim nasional, di Asia, Eropa, atau Amerika. Tapi kali ini pertandingan dijamin tak lagi membosankan karena ada unsur kompetitifnya.

Secara umum, sepakbola Eropa memang masih didominasi segelintir timnas elite. Namun, secara keseluruhan, kini muncul juga kekuatan baru dari negara-negara pesaing. Meski demikian, untuk menghindari kesenjangan, kompetisi ini akan dibagi ke dalam empat divisi, Liga A, Liga B, Liga C, dan Liga D.

Mempertandingkan 55 tim sekaligus nyaris tak mungkin, oleh sebab itu UEFA membaginya dalam empat liga. Bukan grup. Empat liga. Yakni liga A, B, C dan liga D. UEFA Memastikan persaingan akan berjalan ketat di tiap liga. Berikut pembagian liga dan grup UEFA Nations League:

Liga A

Grup A1: Jerman, Prancis, Belanda.
Grup A2: Belgia, Swiss, Islandia.
Grup A3: Portugal, Italia, Polandia.
Grup A4: Spanyol, Inggris, Kroasia.
Liga B

Grup B1: Slovakia, Ukraina, Republik Ceko.
Grup B2: Rusia, Swedia, Turki
Grup B3: Austria, Bosnia dan Herzegovina, Irlandia Utara.
Grup B4: Wales, Republik Irlandia, Denmark.
Liga C

Grup C1: Skotlandia, Albania, Israel.
Grup C2: Hongaria, Yunani, Finlandia, Estonia.
Grup C3: Slovenia, Norwegia, Bulgaria, Siprus.
Grup C4: Romania, Serbia, Montenegro, Lithuania.
Liga D

Grup D1: Georgia, Latvia, Kazakhstan, Andorra.
Grup D2: Belarus, Luxembourg, Moldova, San Marino.
Grup D3: Azerbaijan, Kepulauan Faroe, Malta, Kosovo.
Grup D4: FYR Makedonia, Armenia, Liechtenstein, Gibraltar.

Setelah keempat pemenang liga A akan bertemu di semifinal yang dihelat pada Juni 2019 mendatang untuk menjadi juara pertama UEFA Nations League. Satu negara akan dipilih sebagai tuan rumah yang diumumkan pada Desember 2018 mendatang. Play-off untuk Euro 2024 akan dilangsungkan pada Maret 2020 nanti.

Kompetisi ini memang masih baru dan perlu uji coba untuk memastikan kualitasnya. Dapat dikatakan UEFA Nations League edisi pertama ini akan menjadi landasan pengembangan kompetisi negara-negara Eropa di tahun-tahun berikutnya.

Facebook Comments


What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

UEFA Nations League: Turnamen Timnas Eropa Dimulai Pekan Ini !

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format