Wasit Paling Kontroversial Sepanjang Sejarah Piala Dunia


Wasit Paling Kontroversial Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Keputusan wasit sangat menentukan arah pertandingan sepakbola, apalagi dalam turnamen sekelas Piala Dunia. Tinggi nya tensi pertandingan sangat mempengaruhi kualitas permainan. Namun terkadang ada wasit yang mengeluarkan keputusan kontroversial. Berikut adalah wasit paling kontroversial dalam sejarah piala dunia.

Daftar Kejadian Wasit Paling Kontroversial Dalam Sejarah World Cup

Seorang wasit harus memiliki integritas ketika memimpin pertandingan sepakbola. Karena itu setiap asosiasi sepakbola punya standarisasi sendiri untuk seorang wasit bisa memimpin pertandingan. Apalagi asosiasi sepakbola sebesar FIFA yang menaungi sepakbola seluruh dunia. Namun terkadang ada saja keputusan wasit yang mengundang kontroversi.

Nah berikut adalah kumpulan kejadian wasit paling kontroversial yang pernah terjadi dalam gelaran Piala Dunia. Siapa saja mereka? Simak selengkapnya pada daftar di bawah ini:

Byron Moreno (Italia vs Korea Selatan)

Jika kalian pernah menyaksikan partai Italia vs Korea Selatan dalam Piala Dunia 2002, pasti kalian ingat dengan peristiwa ini. Momen ketika Gli Azurri tersingkir oleh tuan rumah lewat golden gol Ahn Jung Hwan. Kala itu wasit Byron Moreno yang memimpin pertandingan kerap mengeluarkan keputusan kontroversial. Dari bocornya kepala Paolo Maldini, kartu merah Fransesco Totti, hingga dianulirnya go Damaiano Tommasi.

Ali bin Nasser (Gol Tangan Tuhan)

Ali bin Nasser, wasit yang memimpin laga Argentina vs Inggris dalam Piala Dunia 1986 ini bertanggungjawab penuh atas Gol Tangan Tuhan Maradona yang legendaris. Maradona yang menyambut umpan liar berhasil mengirim bola ke gawang Inggris. Sekilas memang terlihat seperti sundulan, namun melalui tayangan ulang terungkap bahwa kala itu Maradona menggunakan tangannya untuk ‘menyundul’ bola.

Graham Poll (Tiga Kartu Kuning)

Kejadian wasit Graham Poll menjadi kejadian wasit paling kontroversial yang berikutnya. Dalam laga Australia vs Kroasia, Poll memberikan kartu kuning kedua kepada Josep Simunic. Namun anehnya sang wasit tidak memberikan kartu merah. Baru pada menit ke-93 Graham Poll menghadiahi kartu kuning ketiga kepada Simunic karena protes berlebihan lalu mengusirnya dari lapangan.

Howard Webb (Kungfu Kick de Jong)

Howard Webb memang terkenal dengan keputusannya yang kontroversial. Salah satunya yaitu ketika memimpin laga final Belanda vs Spanyol pada Piala Dunia 2010. Nigel de Jong terlihat jelas sekali menendang ulu hati Xabi Alonso dalam sebuah duel. Meski banyak protes dari para pemain Spanyol, Webb tidak bergeming sama sekali. Beruntung La Furia Roja berhasil memenangkan laga lewat gol dramatis Andres Iniesta.

Felix Brych (Gol Samping Gawang)

Stefan Kiessling sempat kecewa mengetahui sundulannya hanya menyasar samping gawang Hoffenheim. Namun sesaat kemudian wasit Felix Brych justru meniup peluit menyatakan itu adalah sebuah gol. Para pemain Bayern Leverkusen pun merayakan gol tersebut dengan menghampiri Kiessling meski dengan sedikit awkward.

Facebook Comments


What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Wasit Paling Kontroversial Sepanjang Sejarah Piala Dunia

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Choose A Format
Gif
GIF format